Jumat, Maret 07, 2008

Panen Kompos


Oleh: Christine
Foto: Christine, 2008, Panen Kompos
Kompos dari keranjang pertamaku (kerajang hijau, yang ada di foto tanggal 21 Februari 2008) sudah siap panen! Warnanya kehitaman, bentuknya seperti butiran tanah. Wah, panen besar nih…

Berbeda dengan temannya yang ‘sakit’, kompos dari keranjang pertamaku baik-baik saja walaupun sempat kurang mendapat perhatian.

Kelembabannya normal, tidak terlalu kering dan tidak terlalu basah. Baunya seperti tanah, warna kehitaman dan berbentuk seperti butiran tanah.
Hore! Waktu panen telah tiba…..

Dengan semangat 45 aku memanen komposku. Kompos aku ayak pakai saringan dari bambu, besar lubang kira-kira 1 cm. Kompos halus aku tampung di ember bekas yang dulu dipakai untuk cuci baju. Hasilnya cukup banyak lho… ada 5 kg lebih! Wah… seneng banget rasanya, akhirnya bener-bener panen kompos.

Kompos halus ini kemudian aku simpan dalam kantong plastik besar. Aku berencana akan menggunakan kompos ini untuk menanam kangkung dan terong.

Kompos yang masih kasar aku campur dengan kompos yang masih dalam proses pematangan. Mudah-mudahan tidak ada masalah dan minggu depan aku bisa panen kompos yang lebih banyak lagi. Semoga.

Tidak ada komentar: