Minggu, Maret 02, 2008

Kereta Roti Tawar

Oleh: Christine
Foto: Christine, 2007

Bagi yang punya balita tentu pernah mengalami yang namanya anak susah makan. Bikin frustrasi ya? Menurut para ahli gizi & kuliner, nafsu makan anak dapat dibangkitkan dengan beberapa cara, diantaranya piranti makan yang cantik/lucu, menu yang variatif, dan penampilan yang menarik..


Beberapa waktu yang lalu, anakku susah banget makan. Ngemilpun tidak mau. Hanya susu, susu, dan susu. Banyak yang bilang “asal masih mau minum susu, tidak usah kuatir anaknya kekurangan gizi…. “. Benar juga sih pendapat mereka, tapi entah kenapa, aku tetap lebih mantap kalau disamping minum susu, anak juga harus makan makanan padat.

Aku lalu mencoba membuat makanan yang menarik supaya anakku mau makan. Anakku suka makan roti tawar dengan selai stoberi atau selai coklat dan mainan favoritnya saat itu adalah kereta api. Ketika anakku tidur siang, aku berusaha menggabungkan hal-hal yang disukainya tersebut menjadi sebuah makanan yang bisa membangkitkan selera makan.

Roti tawar dipotong-potong dan ditempel sedemikian rupa sehingga menjadi badan kereta api. Untuk roda dan cerobong asapnya, roti tawar dioles selai stroberi kemudian digulung seperti bolu gulung dan dipotong bulat-bulat. Selanjutnya bagian-bagian tersebut dirangkai sehingga menjadi sebuah “kereta api roti tawar”. Sebagai finishing aku oles selai cokelat dan ditaburi cokelat meisis.

Begitu anakku bangun aku langsung menunjukkan hasil karyaku. Anakku seneeeng banget! Sambil tersenyum dia berkata, “Keretanya bagus mah….”. Roti itu dipandangi terus sambil diputar untuk melihatnya dari berbagai sisi, sesekali dicolek selai cokelatnya sambil berkata “enak!” Tapi dia tidak mau memakan ‘kereta’ itu walaupun aku sudah membujuknya.

Ketika aku tanya kenapa dia tidak mau makan ‘kereta apinya’ dia jawab: “Nanti kalau dimakan kereta apinya jadi rusaaaak…..”
Itu berarti…. Usahaku untuk membangkitkan nafsu makan anakku sudah GAGAL.

Tidak ada komentar: