Senin, Mei 26, 2008

Terong di Ladang Tumbuh dengan Cepat


Oleh: Christine
Foto: Christine, 2008, Terong Bertambah Panjang

Pada artikel "Ketika Terong Mulai Berbuah"; Jumat, 23 Mei 2008 terong yang ada di ladang masih terlihat kecil. Sore ini aku lihat terongnya sudah bertambah besar.


Pertengahan Maret 2008 aku menanam beberapa bibit terong dalam polibag ukuran 35cm. Akhir Maret 2008 aku & Ibu-ibu tetangga menanam sekitar 15 bibit terong di ladang: tanah kosong yang ada di wilayah RT-ku. Sekarang semua tanaman terong tersebut mulai berbuah.

Hari Jumat, 23 Mei 2008 terong yang diladang masih terlihat kecil. Sore ini aku lihat terongnya sudah bertambah besar dan beberapa hari lagi bisa dipanen.

Setelah mendapati terong di ladang mulai berbuah aku selalu menyempatkan diri menengok ladang setiap hari, melihat perkembangannya. Biasanya aku ke ladang sore hari sekalian bawa ember untuk nyiram. Aku nyiramnya gak banyak-banyak, cukup satu gelas aqua per pohon (kalo banyak-banyak pegel ngangkut airnya). Oya, sekarang aku sudah tidak melakukan "dripp irrigation" lagi di ladang, bukannya males, tapi kotak susunya HILANG diambil pemulung! Ceritanya waktu itu, pagi-pagi kotak-kotak susu aku bawa pulang untuk diisi air, kotak susu aku taruh di depan rumah. Sorenya ketika mau ke ladang, kotak susu sudah lenyap.... Waah mesti ngumpulin lagi nih....

Untuk membuat tanah di ladang tetap lembab, aku menutupnya dengan rumput-rumput kering. Sampai hari ini hasilnya cukup efektif, tanaman jadi tidak terlalu lemas. Tapi entah kalau pertengahan musim panas nanti.....

Seneng rasanya lihat terong tumbuh dengan cepat hanya dalam beberapa hari. Andai saja aku bisa melakukan penyiraman dan nge-MOL lebih teratur pasti hasilnya juga lebih bagus.

Tidak ada komentar: