Minggu, Mei 04, 2008

Komposter Aerob Baru


Oleh: Christine
Foto: Christine, 2008, Komposter Aerob Tong Plastik

Aku membuat komposter aerob baru dari tong plastik ukuran 70 liter. Modelnya 'nyonto' punya Adhi Nugroho.


Sebetulnya aku sudah cocok dengan komposter aerob dari keranjang bambu, tapi sejak salah satu komposterku bolong dimakan tikus aku jadi berpikir untuk membuat komposter baru yang lebih tahan lama.


Aku searching images "compost bin" di google. Ada satu yang cocok, lalu beberapa hari kemudian Adhi Nugroho posting komposter aerob barunya: Komposter Aerob Tong Bolong. Wah, cocok juga nih... Lalu aku gabungkan saja komposter yang nemu di google dengan komposternya Adhi.


Tadinya aku kira membuat komposter aerob dari tong plastik itu susah, tapi ternyata gampang kok, sehari juga sudah jadi.


Pertama.
Beli tong plastik, ukuran disesuaikan dengan kebutuhan. Punyaku 70 liter, harga 60 ribu rupiah.


Kedua.
Tentukan ukuran dan letak pintu. Gambar polanya pake kapur. Ukuran pintu komposterku 25cm X 25cm, letaknya 5cm diatas dasar tong.


ketiga.
Potong pola pintu pake gergaji.


Keempat.
Pasang engsel dan gerendel.


Kelima.
Buat lubang-lubang di semua sisi dan dasar tong untuk sirkulasi udara. Aku ngelubanginya pake solder karena tidak punya bor.


Lubang-lubang di komposterku sengaja dibuat kecil dan berpola. Dibuat kecil supaya kompos tidak keluar saat diaduk. Dibuat berpola agar terlihat cantik dan sekaligus bisa jadi dekorasi kebun. Semestinya gambar bunga-bunga mau dicat pake cat kayu, tapi aku cuma punya warna putih, mau beli lagi males keluar; trus aku warnai aja pake spidol besar dan crayon anakku. Hasilnya lumayan cantik juga kok.....


Nah, sekarang komposter aerobku yang baru sudah siap menyantap semua sampah sisa benah-benah kebun kemarin.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Halo mbak Chrisine,

Tanya ya, itu masang gerendel di tong plastik bagaimana caranya :D
Makasih sebelumnya.

Anonim mengatakan...

Hallo Dina

Masang gerendelnya pake sekrup atau bisa juga diikat pake kawat.

Anonim mengatakan...

selamat sore kak christine, senang rasanya membaca postingan2 kakak, pengen buat komposter aerob juga nich, ada ngak kak yang kendala dalam pembuatan komposter aerob ini? misal pemotongan pintu ato pemasangan engselnya
makasih kakak