Jumat, Mei 09, 2008

Tamu Istimewa


Oleh: Christine
Foto: Kartu Nama Pak Sobirin

Kemarin sore aku kedatangan tamu istimewa. Seorang pakar lingkungan dan anggota Dewan Pemerhati Kehutanan dan Lingkungan Tatar Sunda (DPKLTS) yang juga guru komposku.


Rabu, 7 Mei 2008 sore aku dapat SMS dari Pak Sobirin, mengabarkan bahwa beliau ada di Semarang. Beliau ke Semarang dalam rangka rapat dengan orang Jepang.

Pak Sobirin juga bilang kalo ada waktu mau mampir ke rumahku, mau liat kompos dan kebun di depan rumah. Waduh! Rasanya rada-rada gak PD nih mau ketemu sama Pak guru yang pakar lingkungan. Kalo biasanya murid yang berkunjung kepada gurunya tapi kali ini guru yang mendatangi muridnya… hehehe…. Maaf ya Pak Sob, saya belum bisa maen ke Bandung…

Pak Sobirin dan rombongan tiba di rumahku sekitar jam setengah lima sore. Pak Sob langsung melihat tanaman padiku dan komposter aerob baruku. Kata Pak Sob padiku tumbuh bagus, disarankan rajin nge-MOL. Hihihi.. tahu aja Pak Sob kalo aku gak rutin nge-MOL-nya…. Kata Pak Sob juga, di MOL setiap hari juga tidak apa-apa. Tentang komposter aerob gentong plastik, Pak Sob bilang lubang udaranya kurang banyak. Perlu ditambahi lubang lagi di bagian atas gentong, dibawah tutup.

Tentang kebunku, Pak Sob menyarankan membuat rak dari bambu atau besi untuk menempatkan pot-pot tanamanku sehingga terlihat lebih rapi. Terus aku tanya, apakah pasir bagus untuk campuran kompos? Katanya, butiran pasir terlalu besar sehingga tidak dapat menahan unsur hara. Lebih baik campurannya tanah biasa yang bisa menahan unsur hara.

Kebetulan waktu Pak Sob datang, Ibu Wenny, tetangga sebelahku juga baru datang dari kantor sehingga kami bisa ngobrol bareng. Kami ngobrol tentang kemungkinan dibuatnya rumah kompos untuk pusat pelatihan kompos seperti milik Ibu Djamaludin Suryo karena di RT kami masih terdapat tanah kosong yang ditumbuhi ilalang.

Pertemuanku dengan Pak Sobirin sangat singkat, sekitar 15-20 menit saja. Pak Sobirin buru-buru mau ada acara lain, dan aku sendiri juga mau ngantar anakku ke dokter. Tapi biarpun singkat banyak masukan yang kuperoleh.


Terima kasih Pak Sobirin, moga-moga lain waktu bisa ketemu lagi….

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Wah bahagia sekali mbak Xtine..dapat kunjungan dari SUHU..nya.Selamat mbak