Kamis, Mei 15, 2008

Tas Mahal


Oleh: Christine
Foto: Christine, 2008, Tas Rajut Plastik

Aku punya tas baru yang imut dan cantik. Aku seneng banget bisa punya tas ini, imut, lucu, harganya juga mahal banget; selain itu gak ada kembarannya.



Ukurannya sih sekitar 15cm X 15 cm saja. Modelnya juga sangat sederhana. Tapi harganya…. Bisa sampai ratusan ribu rupiah! Bayangkan, untuk dapat memiliki tas sekecil ini aku harus membeli beberapa kilogram buah dan sayuran segar, beberapa potong roti “breadtalk”, obat flu dan vitamin, sabun, odol, dan keperluan rumah tangga lainnya. Lho kok bisa???

Bisa saja! Karena bahan tas imut itu adalah plastik kresek bekas barang-barang belanjaan tadi. Kebutuhan bahannya lumayan banyak juga lho: 4bh plastik sayur/buah ukuran 35cm X 45cm, 2bh tas kresek sedang, 5bh kantong roti “breadtalk”.

Caranya….?

Bersihkan semua plastik dari kotoran, kalau perlu cuci dengan sabun dan keringkan.

Gunting bagian bawah masing-masing plastik sehingga sisi atas dan sisi bawah plastik semuanya berlubang.

Gunting plastik memutar tanpa terputus hingga habis (seperti kalo orang bule mengupas apel) dan menjadi sebuah tali yang panjang. Lebar tali 2-3cm atau tergantung tebal-tipisnya plastik.

Ambil alat perajut yang ada kaitannya (hakpen) dan mulailah merajut tali plastik ini hingga menjadi sebuah tas. Model, warna dan ukuran tas disesuaikan dengan selera dan ketersediaan kantong plastik.

Sayang sekali, aku tidak bisa menjelaskan cara merajutnya. Aku juga gak mahir banget sih, asal bisa saja. Tapi buku-buku tentang rajutan ini (crochet) sudah banyak di toko-toko buku, kita tinggal variasikan bahannya saja.

Kalau sudah jadi tasnya kelihatan cantik juga ya? Siapa sangka kalau bahannya dari plastik kresek bekas.

1 komentar: