Jumat, Mei 23, 2008

Ketika Terong Mulai Berbuah


Oleh: Christine

Foto: Christine, 2008, Terong di Ladang

Setelah menunggu dengan penuh penasaran, akhirnya terongku berbuah juga. Aku menanam terong di ladang dan di polibag, di depan rumah; sekarang semuanya sedang berbuah.



Pertengahan Maret 2008 aku menanam beberapa bibit terong dalam polibag ukuran 35cm. Akhir Maret 2008 aku & Ibu-ibu tetangga menanam sekitar 15 bibit terong di ladang: tanah kosong yang ada di wilayah RT-ku. Sekarang semua tanaman terong tersebut mulai berbuah.

Tanaman terong yang di polibag tumbuh tinggi, batangnya agak kecil. Mulai berbunga hampir sebulan yang lalu tapi bunganya rontok terus dan baru sekarang ini jadinya. Sedangkan yang di ladang tanamannya “pendekar”=pendek dan kekar, mulai berbunga dua minggu yang lalu dan langsung jadi.

Pertama kali terong yang di polibag muncul bunga rasanya seneng banget, wah, berhasil, bisa tanam terong di pot! Eh, beberapa hari kemudian bunganya pada rontok…. :( Beberapa kali gitu terus sampai dipindah tempat berkali-kali biar dapet sinar matahari yang cukup. Sekarang terongnya sudah berbuah, berarti tempatnya sudah cocok….

Tanaman di ladang agak tidak terawat. Penyiramannya tidak dilakukan secara rutin. Aku hanya mengandalkan “dripp irrigation kotak susu” dan hujan yang hanya sekali-dua kali saja. Kalo lihat ke ladang, rasanya tanaman kok kecil terus, gak gede-gede….Ini nanti hidup atau mati… pokoknya penuh pertanyaan “was-was”. Makanya ketika aku liat mulai berbunga dan kemudian berbuah rasanya surprise banget! Kecil-kecil sudah berbuah…..

Aku suka banget sama kegiatan tanam-menanam ini, aku menemukan banyak hal baru di sini, termasuk mahluk-mahluh kecil yang suka menyantap daun terongku…..


1 komentar:

ado mengatakan...

kalo ditanam di tanah,tanahnya kesti yg gembur dan jangan bacek. artinya tananhya jangan terlalu banyak air. trus harus cukup sinar matahari. pasti tanamannya bisa lebih tinggi dari yg di pot dan lebih bagus lagi hasilnya.