Rabu, Mei 14, 2008

Melati Berbuah Kacang Panjang


Oleh: Christine
Foto: Christine, 2008, Melati & Kacang Panjang

Dulu, aku suka menanam tanaman hias daun-daunan seperti suplir, sirih belanda, pakis, palem, aglonema, dll. Entah kenapa, sekarang aku jadi suka menanam bunga dan sayur-sayuran.


Koleksi tanamanku sudah termasuk banyak - untuk ukuran kebun di depan rumah. Aku punya mawar, anggrek, euphorbia, kemuning, melati, rosella, wijaya kusuma dan adenium. Tanaman sayuran aku punya beberapa macam cabe, seledri, daun bawang, padi, terong, kacang panjang, kacang hijau, kangkung, jeruk wangi, pandan dan sawi. Semuanya ditanam di pot.

Aku punya 5 pohon kacang panjang yang kutanam dalam polibag ukuran 15cm. Tadinya aku tidak tahu kalo kacang panjang butuh tiang untuk merambat; wah padahal tanamannya sudah mulai tinggi dan salur-salurnya mulai cari “pegangan”. Aku bener-bener gak ada ide dimana mau pasang tiang rambatannya. Beruntung aku punya pohon mangga, jadi kutaruh saja pot-pot kacang panjang tersebut dibawah pohon mangga, maksudnya biar “pegangan” ke pohon mangga tapi ternyata si kacang panjang ini lebih suka “memeluk” pohon melati di sebelahnya daripada berpegangan di pohon mangga

Ya sudah, terserah, bagaimana enaknya saja yang penting dapat tumbuh dengan baik. Sekarang pohon kacang panjangku mulai berbuah. Ternyata pertumbuhan dari bunga menjadi kacang panjang itu cepat sekali, hanya beberapa hari saja. Sayang dulu aku tidak mencatat waktu tanam dan mulai berbuahnya. Sekarang ini ada 4 lonjor kacang panjang muda yang menggantung di pohon melati. Juga mulai muncul bunga-bunga kacang panjang yang baru disela-sela kuncup melati.

Aku enjoy banget dengan kegiatan tanam-menanam ini. Banyak hal baru yang kutemukan disini. Yang jelas, dengan menanam sayur sendiri aku bisa sedikit berhemat uang belanja dan sayuran yang dihasilkan juga lebih sehat karena tidak memakai pupuk kimia. Cukup dengan MOL buatan sendiri.

1 komentar:

indra mengatakan...

Wah hebat euy..Mbak Christine pantas mendapat kan penghargaan Kalpataru nih..karena dapat membudidayakan kacang panjang berdaun melati.