Selasa, April 22, 2008

Padi Sintanur Umur 14 Hari


Oleh: Christine
Foto: Christine, 2008, Padi Dalam Kurungan


Tanaman padiku sudah berumur 14 hari. Pertumbuhan padi unggul varietas Sintanur ini sangat cepat. Jumlah helai daunnya sudah bertambah banyak dan panjang.


Minggu, 6 April 2008 aku merendam 10 butir benih padi dalam air tawar biasa.
Senin, 7 April 2008, sebagian benih padi disemai secara langsung dalam ember ukuran 45cm X 30cm dan polybag ukuran 50cm X 50cm. Sebagian disemai dalam pot kertas buatan sendiri. Satu benih aku berikan kepada tetangga sebelahku, Ibu Wenny.
Selasa, 8 April 2008, 2 benih padi hilang dipatok ayam. Padi kemudian diberi pelindung gelas plastik transparan yang dibolong-bolong.
Rabu, 9 April 2008, pot semai kertas diserang jamur, benih dipindahkan ke pot besar.
Senin, 14 April 2008, tunas padi mulai berdaun 2 helai dan tumbuh dengan cepat. Dalam satu hari pertumbuhannya sudah terlihat jelas.

Pertumbuhan padi Sintanur ini sangat cepat. Jumlah helai daunnya sudah bertambah banyak dan panjang. Tinggi pohon sudah lebih dari 20cm, bahkan daun yang terpanjang mencapai hampir 30cm. Pengaman berupa gelas plastik sudah tidak dapat melindunginya lagi.

Rumahku tidak mempunyai halaman sehingga pot-pot padiku kutaruh diluar pagar rumah. Karena berada di pinggir jalan, maka ada banyak faktor yang dapat mengganggu pertumbuhan padiku. Diantaranya, tikus got, burung, ayam, bola voli nyasar (di depan rumahku ada lapangan voli yang sudah mulai digunakan lagi) dan anak-anak kecil yang rasa ingin tahunya besar.

Aku mulai memikirkan pengaman yang dapat melindungi tanaman padiku sekarang dan sampai berbulir nanti. Pilihanku jatuh pada ram kawat yang biasa digunakan untuk mengayak pasir. Cara membuatnya, ram kawat cukup digulung saja sesuai dengan diameter pot bagian dalam, ujungnya “dijahit” dengan kawat kecil, bagian atas dilipat ke dalam sehingga tidak ada bagian tajam yang keluar. Bagian bawah tidak perlu dilipat. Bagian bawah ini kemudian diletakkan dengan sedikit dibenamkan ke dalam tanah. Selesai sudah Kurungan padiku.

Kata Pak Sobirin, jika sudah berbulir tinggi padi bisa mencapai 70cm jadi ram-ramannya harus lebih tinggi. Aku membuatnya 75cm. Bagian atas masih dibiarkan terbuka. Mungkin kalau sudah berbulir bagian atas perlu ditutup agar burung tidak dapat masuk.

Menanam padi di pot itu asik! Ayo, siapa lagi yang mau menyusul……

Tidak ada komentar: