Kamis, Desember 04, 2008

Padi Hidroponik umur 1 Bulan



Oleh: Christine

Foto: Christine, 2008, Padi Hidroponik umur 1 Bulan

Tidak terasa padi hidroponikku sudah berumur satu bulan. So far pertumbuhannya bagus, tapi masih jauh tertinggal jika dibandingkan dengan padi yang ditanam di tanah.





Bagiku tidak menjadi masalah jika pertumbuhan padi hidroponik tidak sepesat pertumbuhan padi yang ditanam di tanah karena aku hanya ingin tahu (lewat pengalaman pribadi) bisa tidak padi di-hidroponik-kan.

Dari 6 bulir padi yang kutanam hanya satu yang dapat tumbuh dengan baik dan normal, 5 lainnya ada yang kerdil, ada juga yang mati.

Awal bulan November lalu aku menanam 6 bulir padi secara hidroponik. 3 bulir ditanam dengan media sekam bakar saja dan 3 bulir ditanam dengan media campuran antara sekam bakar dan kompos buatan sendiri. Cairan yang digunakan saat persemaian adalah air biasa.

Pada minggu pertama tidak ada perbedaaan pertumbuhan antara padi yang ditanam di sekam bakar saja dengan padi yang ditanam di campuran sekam bakar + kompos buatan sendiri.

Minggu kedua cairan diganti dengan MOL encer (1:15) sebagai cairan nutrisinya. Pertumbuhan padi mulai terlihat berbeda. Yang media sekam bakar saja daunnya agak kekuningan atau hijau pucat sedangkan yang media campuran daunnya berwarna hijau segar.

Mulai minggu ketiga hanya satu tanaman dengan media campuran yang tumbuh normal sedangkan yang lainnya seperti berhenti tumbuh. Aku tidak tahu pasti apa penyebabnya. Perkiraanku, yang pake media sekam bakar saja kekurangan nutrisi untuk tumbuh dan 2 yang pake media campuran kurang sinar matahari. Tanaman yang tumbuh sehat saat ini tingginya mencapai 28 cm dan mempunyai 5 helai daun.

Aku masih terus mencoba padi hidroponik ini dengan berbagai wadah berbeda dan kompos berbeda (aku punya dua macam kompos aerob, satu berbahan sampah dapur dan satu lagi berbahan rumput lapangan).

Semoga saja nanti bisa ketemu media, wadah, MOL ataupun perlakuan yang pas supaya padi hidroponik dapat tumbuh baik seperti kalau ditanam di tanah.

3 komentar:

Frangky Robert Pangalila mengatakan...

Ada perkembangan ga mba?

budirabbit mengatakan...

Gmana perkembangannya tanamannya .. kalau bagus saya juga mau coba ah...

manaf profesional mengatakan...

Coba lagi yaaa