Selasa, Desember 16, 2008

White Christmas



Oleh: Christine

Foto: Christine, 2008, Hiasan Natal Kirigami

Hiasan pohon natalku yang lama, yang dari bubur kertas sudah habis dibagi-bagikan kepada saudara dan teman-teman anakku. Sekarang waktunya mau pasang pohon natal gak ada hiasannya...



Beberapa bulan lalu sempat bikin lagi hiasan natal dari bubur kertas tapi belum sempat dicat, barangnya sudah kabur alias ilang dimainkan anakku. Mau buat lagi sudah gak keburu.

Kebetulan aku punya buku KIRIGAMI karangan Revi Devi Paat, judulnya KIRIGAMI Kreasi Indah Seni menggunting Kertas. "Ting!" tiba-tiba saja muncul ide untuk bikin hiasan natal. Bahan bakunya bukan kertas tapi plastik-plastik kemasan yang berwarna silver. Contohnya plastik susu, ini aku punya banyak; kemasan biskuit, snack & cooking chocolate, yang ini diambil yang sebelah dalam.

Sebelumnya plastik-plastik ini dicuci bersih dulu dan dikeringkan. Setelah itu mulailah acara lipat-melipat dan gunting-menggunting sesuai pola atau bentuk yang diinginkan. Aku buat yang simpel-simpel aja habis guntingnya agak susah, plastik kan licin jadi lipat-guntingnya agak-agak meleset dikit. Tidak seperti kertas yang kalo dilipat-lipat nurut aja.

Setelah jadi diikat pake benang wol dan digantung di pohon natal. Hasilnya... hhmm... layak juga kok dijadikan pajangan...

Tidak ada komentar: