Minggu, Desember 21, 2008

Melon Menggelembung


Oleh: Christine
Foto: Christine, 2008, Buah Melon

Tanaman melon yang tidak sengaja tumbuh dalan polibag besar sekarang buahnya semakin menggelembung. Besarnya kira-kira sebesar bola tenis.


Melon ini tumbuh dalam polibag ukuran 50cm X 50 cm; polibag bekas untuk menanam padi. Media tanamnya adalah campuran kompos dan tanah hitam (2:1) sedangkan pupuknya adalah MOL encer (1:15).

Sekali-sekali aku juga menyiramnya pake air cucian beras dan air cucian daging/ikan. Tidak tahu benar atau tidak tapi banyak orang bilang kalau air cucian beras bisa menyuburkan dan air cucian daging/ikan bisa membuat rasa buah lebih manis. Kita lihat saja nanti bagaimana hasilnya.

Guyuran air hujan setiap sore juga membuat melon cepat tumbuh; kata Pak Sob air hujan bagus untuk tanaman. Sekarang ini jumlah buah melonku ada 5 buah, dua sebesar bola tenis, satu sebesar bola ping-pong dan yang lainnya sebesar ibu jari.

Buah melon pertama yang ada di foto terdahulu busuk, mungkin karena terlalu sering dipegang (penasaran sih...). Jadi buah yang sebesar bola tenis ini adalah buah kedua dan ketiga.

Tanaman melon ini aku sangga pake penyangga tanaman dari pipa besi tipis (beli jadi di toko pertanian). Semoga saja kuat menyangga buah melon yang semakin membesar.

Tidak ada komentar: