Senin, Agustus 18, 2008

Tugas Pertama

Oleh: Christine
Foto: Christine, 2008, Bunga Tangan


Bulan pertama sekolah, anakku diajarkan tentang gender dan mengenal keluarga inti.



Pada pengenalan gender, anak diberikan gambar sesuai dengan jenis kelamin masing-masing. Anak perempuan mendapat gambar perempuan dan anak laki-laki mendapat gambar laki-laki. Pengenalan gender juga dilakukan dalam aktivitas mewarnai dan menempel.

Pada kegiatan mewarnai anak diberi gambar kali-laki dan perempuan kemudian disuruh mewarnai HANYA gambar anak perempuan saja atau gambar anak laki-laki saja.
Pada kegiatan menempel, gambar yang diberikan dihilangkan bajunya kemudian anak diminta menempelkan potongan baju yang sesuai. Rok untuk perempuan dan celana untuk laki-laki.

Pada pelajaran mengenal keluarga inti anak diberi tugas yang harus dikerjakan bersama seluruh anggota keluarga inti: ayah, ibu, kakak, dan adik. Masing-masing anggota keluarga harus menggambar telapak tangan masing-masing yang kemudian diwarnai dan dibikin bentuk yang menarik.

Waaah... kalo tugas seperti ini mamanya juga suka nih, dapet mainan baru!.
Aku coba membuat "cap tangan", resep finger paintnya dapet dari internet dengan sedikit modifikasi.

Resepnya:
1 gelas air
1/3 gelas tepung maizena
1 sendok teh tepung terigu
1 sendok makan gula pasir
1 sendok teh margarin
pewarna makanan cair secukupnya
sedikit pemutih makanan

Caranya: air, maizena, terigu, gula, dan pemutih dicampur rata. Kemudian direbus sambil diaduk-aduk terus sampai kental seperti kalo membuat vla. Matikan api, tambahkan margarin, aduk rata. Bagi pasta menjadi beberapa bagian (tergantung mau bikin berapa warna), aku buat warna primer: merah, kuning, biru. Taruh masing-masing dalam mangkok atau piring. Selagi masih panas, beri beberapa tetes pewarna makanan cair dan aduk rata.

Sekarang waktunya bersenang-senang!

Ambil selembar kertas, kalo bisa kertas bekas saja yang sebelah sisinya masih kosong. Lumuri telapak tangan dengan pasta, ratakan ke seluruh bagian telapak tangan. Tekan telapak tangan pada kertas, diamkan sesaat sambil terus ditekan. Angkat dengan hati-hati. Cap tangan sudah jadi.

Cara lain yang aku lakukan adalah mewarnai dulu kertasnya dengan cara finger painting atau melukis dengan jari.Celupkan jari-jari tangan ke dalam pasta dan buat coretan-coretan pada kertas. Ganti-ganti warna pasta hingga timbul warna-warna baru (warna sekunder, tertier dst). Setelah setelah kering, gambar telapak tangan diatasnya dengan pensil.

Seru banget lho, seru mainnya.... seru juga berantakannya.....

Setelah semuanya kering, cap tangan digunting membentuk telapak tangan dan dirangkai dijadikan sesuatu yang menarik. Aku bikin telapak tangan kami menjadi bunga-bunga di dalam pot. Tangkai bunga dari sedotan yang diisi tusuk sate agar bisa berdiri kuat. Daun dari kertas asturo warna hijau. Potnya dari kertas koran yang dilipat ala origami.

Tugas ini kemudian dikumpulkan dan ditempel di teras sekolah, depan kelas. Wah, kreasi yang lain bagus-bagus lho! Ada yang bikin gurita, jari-jari tangan jadi tentakelnya. Ada angsa dan burung yang bersayap dan berekor tangan. Yang anggota keluarganya empat bikin kupu-kupu; tangan papa-mama jadi sayap atas dan tangan anak-anak jadi sayap bawah. Bener-bener kreatif!


Tidak ada komentar: