Rabu, Agustus 27, 2008

Tas dari Plastik Beras


Oleh: Christine
Foto: Christine, 2008, Tas Sepatu dari Plastik beras


Habis bikin tas baru nih, bahannya dari plastik beras 5kg. Plastik beras ini tebal dan kuat sehingga cocok untuk dijadikan tas. Tas dari plastik beras ini cukup bagus untuk diajak jalan-jalan dan membawa barang belanjaan....




Jika kita membeli beras 5kg-an, biasanya sudah dipak dalam kantong plastik yang tebal dan besar. Plastik kemasan beras ini ada yang polos transparan, ada juga yang bergambar dengan warna-warna yang cantik.

Proses pembuatan tas dari plastik beras ini sangat mudah, kita bisa mengajak anak-anak untuk ikut membuatnya.

Alat dan bahan yang harus disiapkan adalah:
Plastik beras ukuran 5kg
Kertas karton bekas
Stapler
Alat pembolong kertas
Tali tas yang agak tebal.


Cara Membuatnya:
Pertama. Plastik beras dicuci bersih dan dikeringkan.

Kedua. Yang ini optional. Plastik beras dibalik untuk menyembunyikan sambungan dan sudut-sudut yang runcing. Tapi kalo tidak mau dibalik juga tidak apa-apa.

Ketiga. Tekuk plastik ke dalam kira-kira 5cm-an.

Keempat. Siapkan dua lembar kertas karton bekas yang agak tebal. Ukur sesuai dengan lebar plastik. Masukkan kertas karton ini ke dalam lipatan plastik diatas. Kuatkan dengan stapler.

Kelima. Buat lubang tali tas menggunakan alat pembolong kertas. Buat dua lubang pada masing-masing sisi.

Keenam. Ukur panjang tali tas sesuai dengan kebutuhan. Masukkan ujung-ujung tali pada lubang dan simpulkan hingga tali tidak dapat keluar lagi.

Ketujuh. Tas dari plastik beras siap untuk dibawa belanja, jalan-jalan, arisan, atau untuk anak bisa untuk membawa buku les.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar: