Senin, Agustus 18, 2008

Plastik Susu


Oleh: Christine
Foto: Christine, 2008, Plastik Kemasan Susu


Semua yang mempunyai anak balita pasti menghasilkan sampah dari kemasan susu. Untuk susu kemasan dus, di dalamnya ada plastik warna perak yang lumayan tebal. Dikemanakan plastik perak ini setelah dikosongkan susunya?


(Dulu) Dibuang. Cara yang paling gampang dilakukan. Begitu susu dipindahkan ke toples, plastik tinggal diremas-remas, masukkan ke dalam dusnya lagi dan buang ke tempat sampah. Kadang juga untuk menampung sayur basi sebelum dimasukkan ke keranjang sampah.

(Sekarang) Disimpan. Sebelumnya plastik dicuci dan dikeringkan dahulu kemudian di lipat dan disimpan rapi bersama sampah-sampah plastik lain yang sudah bersih dan hanya disimpan saja.

Dijadikan polibag. Kalau ada tanaman yang harus segera dipindahkan ke pot yang lebih besar padahal tidak ada pot kosong, ambil saja simpanan plastik peraknya; lubangi bagian bawahnya dan isi dengan media tanam. Polibag perak ini dapat berdiri dengan kokoh, bahkan lebih kokoh dari polibag yang dijual di pasaran. Kesannya juga lebih bersih.

Dijadikan tas. Dari hasil coba-coba ternyata jadi juga bahkan hasilnya menurutku keren banget (boleh kan memuji temuan sendiri he.he..). Kalo dijadikan tas, plastik mesti dibalik dulu biar tulisannya gak kelihatan.

Dijadikan hiasan ketupat. Plastik dibuat lembaran terus dipotong memanjang dengan lebar tertentu, disesuaikan dengan besar kecilnya ketupat yang akan dibuat. Terus dianyam menjadi bentuk ketupat. Yang ini baru ide, belum dipraktekkan, habis gak bisa nganyam ketupat sih...he.he...

Dijadikan apa lagi ya? Yang punya ide lain sharing dong....

6 komentar:

Anonim mengatakan...

Apik tenan ide ne... sekarang di rumah plastik2 susu dikumpulin trus mau dipake untuk nanem sengon....

Anonim mengatakan...

wah makasih ya buat idenya
plastik susu mau disimpan buat polybag tanaman
suka bingung nyari-nyari pot
btw... blognya saya link ya...

keichi mengatakan...

mba kreatif banget ya...
ponakanku jg termasuk kreatif, kl dia bekas plastik susu dibuat untuk (salah satunya yg aku liat dirumah) adalah buat tatakan telpon.
jadi dianyam ngikutin dus yg jadi bahan dasarnya (dus dibungkus dengan anyaman plastik susu ini) trus untuk gagang telpon jg dibuat dengan motif yg sama dngan tempat telponnya.
nanti aku foto deh karyanya kl lg k bogor.

Anonim mengatakan...

to Anonim, betty & keichi
Semakin banyak plastik susu dimanfaatkan, semakin besar pula peran kita dalam mengurangi sampah plastik. Buat keichi ditunggu fotonya.

whatever mengatakan...

bagus banget ide kamu. Punya saran ngga utk kaleng susu yg tiap minggu dibuang? Terimakasih. Salam manis, Ita

Anonim mengatakan...

Aq juga suka ngumpulin limbah, beberapa jadi mainan tuk anakku. Tas dari kantong rinso, dus untuk rumah2an/tas, cd tuk hiasan dll.Ideku jadi berkembang dng artikel ini. Tapi knapa suka nggak tlaten ya?