Jumat, Maret 06, 2009

Ular Tangga




Oleh: Christine
Foto: Christine, 2009, Karpet Ular Tangga


Ular tangga adalah salah satu mainan favoritku waktu kecil selain monopoli dan masak-masakan. Selalu ada rasa deg-degan saat melempar dadu; kuatir kalau pionnya jatuh pada kepala ular.






Kalau dulu papan main ular tangga hanya terbuat dari selembar kertas, sekarang ada beberapa bentuk; diantaranya yang pernah aku lihat adalah berupa kotak papan plastik yang bisa dilipat seperti kotak papan catur. Bentuknya juga kecil sehingga mudah dibawa kemana-mana. Bentuk kedua yang baru saja kutemui adalah berupa karpet; bahannya seperti bahan sandal jepit dan lapisan atasnya yang bergambar terbuat dari plastik.

Karpet ular tangga ini semula berupa potongan-potongan 30cm x 30cm, kemudian disambung-sambung hingga menjadi papan ular tangga berukuran 90cm x 90cm. Sayangnya karpet ular tangga ini hanya sekedar karpet saja, bukan paket permainan; artinya tidak ada dadu maupun pion untuk dimainkan










Yang bisa dilakukan dengan karpet ini adalah permainan puzzle. Anakku seneng banget bongkar pasang karpet ini... Berkali-kali dicoba akhirnya bisa juga dia merangkai gambarnya dengan benar.


Tapi... rasanya tidak asik kalo punya karpet ular tangga tapi tidak bisa bermain ular tangga. Tengok sana, tengok sini akhirnya nemu ide juga......

Dadu. Dari dua buah kotak kubus beda ukuran yang dibuat dari kertas yang dilipat ala origami terus di digambar pake spidol merah.




Pion. Dari batu baterai besar yang sudah tidak terpakai, biar cantik batu baterai ini aku bungkus dengan kain flanel warna cerah.

Siiip! Sekarang aku punya satu paket permainan ular tangga!
Main ular tangga yuuuk....


Tidak ada komentar: