Sabtu, Maret 14, 2009

Agar MOL Tetap Bersih


Oleh: Christine
Foto: Christine, 2009, Dakron Penutup Botol MOL

Beberapa waktu yang lalu aku agak terganggu dengan keberadaan botol-botol MOL di rumahku. Selain karena baunya yang kadang menyengat, juga karena di dalam MOL terdapat larva dari serangga kecil (mrutu).






Aku membuat MOL tidak hanya dari tape saja; berbagai bahan pernah aku buat seperti tempe, tahu, selai nanas, selai belimbing wuluh, dan ampas jus. Air yang digunakan juga tidak hanya air putih saja; air cucian beras, air rendaman kedelai/kacang hijau, susu, teh, dan susu fermentasi (yakult).

Beberapa bahan menimbulkan bau tak sedap saat berlangsungnya fermentasi terutama kalau cairannya mengandung susu. Selain itu banyak lalat dan serangga lainnya juga senang bertelur di dalam botol; akibatnya muncul larva-larva serangga seperti jentik-jentik dan juga belatung. Pernah juga ada cicak yang berenang dalam botol MOL-ku!

Suamiku sempat protes karena bau yang menyengat. Akhirnya aku 'buang' MOL lamaku ke komposter anaerob milik RT dan mulai membuat MOL baru. Semula aku ingin membuat MOL secara anaerob tapi gak jadi karena kelihatannya kok rumit...

Aku tetap membuat MOL secara aerob dan dengan bahan seadanya; ada sisa jus ya dipakai, ada yakult yang sudah kadaluarsa ya dicampur saja. Untuk mengatasi bau dan serangga, lubang botolnya aku tutup pakai dakron atau sabut/spons bekas cuci piring. Bahan-bahan ini bisa menutup lubang botol dengan rapat tapi tetap ada pori-pori untuk sirkulasi udara.

Sekarang tidak ada lagi bau yang mengganggu dan cairan MOL juga tetap bersih.

4 komentar:

K' Nunuk mengatakan...

Halo mba Christine, salam kenal
Aq dapat info blog mba dari blog pa Sobirin
Aq dah beberapa tahun ini buat kompos sendiri dirumahku yg mungil
tapi MOL-nya biasanya aq beli
Dari info ini aq jadi tertarik untuk buat sendiri
Dari pengalaman mba Christine, MOL apa yg menurut mba paling ok dari segi mudah membuatnya, tidak terlalu berbau busuk + tidak banyak binatangnya (hehe agak jijik juga kan klo banyak belatungnya)
Makasih ya mba


salam hangat - jean

christine to nuk mengatakan...

Hallo Jean...

MOL yg paling bersih ya MOL tape-nya Pak Sob itu... Utk menghindari binatang botol MOL ditutup pake busa/dakron spt punyaku.

Irma mengatakan...

bagaimana cara membuat MOL dari tempe dan jus2an sisa?

hebitren mengatakan...

ide menarik. bisa saya tiru di rumah.