Selasa, Februari 17, 2009

Braille



Oleh: Christine
Foto: Christine, 2009, Papan Braille

H
uruf Braille adalah huruf khusus untuk penyandang tuna netra. Huruf ini ditemukan oleh orang Prancis bernama Louis Bra
ille yang mengalami kebutaan sejak kecil (sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Braille)




Seumur-umur baru pertama kali ini aku melihat dan menyentuh alat bantu yang digunakan untuk belajar Braille.


Bentuknya berupa papan kayu berpahat ukurannya kira-kira sebesar nampan. Pada papan itu dipahatkan kotak-kotak sebanyak 40 buah dan dalam setiap kotak terdapat 6 buah lubang yang akan diisi dengan paku-paku kecil yang tumpul.





Huruf dan angka Braille dibentuk dengan memasukkan paku-paku kecil ke dalam lubang-lubang di papan. Setiap paku yang dimasukkan ke dalam lubang di papan akan mewakili satu angka maupun huruf. Yang digunakan sebagai patokan adalah 10 abjad pertama "a" s/d "j" karena dari huruf-huruf inilah huruf selanjutnya bisa dibuat; yaitu dengan hanya menambahkan satu paku pada posisi tertentu.





Selanjutnya, pengguna Braille akan "membaca" huruf-huruf yang ada di papan dengan cara meraba menggunakan jari-jari tangan. Sebagai orang yang bisa melihat, tidaklah mudah bagiku untuk mempelajari Braille ini karena aku masih berpatokan pada visual huruf-hurufnya padahal di dalam Braille perwujudan huruf-huruf tersebut sama sekali berbeda.




Setelah huruf dan angka dikuasai dengan baik lewat papan ini, pengguna Braille akan belajar dengan menggunakan kertas dan penggaris khusus yang ukurannya jauh lebih kecil dari papan ini. Nanti paku-paku juga sudah tidak digunakan lagi; sebagai gantinya digunakan semacam obeng kecil untuk menusuk kertas sehingga menimbulkan lubang atau emboss yang bisa dibaca oleh penyandang tuna netra.

2 komentar:

primaningrum mengatakan...

papan braille itu namanya adalah braiiletx dan alat bantu yang disebutkan di paragraph terakhir namanya adalah reglet (papannya) dan stylus (bentuknya spt obeng)

salam kenal dari bunda sekeluarga

Anonim mengatakan...

Bunda,terima kasih atas infonya. Terima kasih juga sudah membagikan pengalaman bunda yang luar biasa. Semoga bisa menjadi semangat buat yang lainnya