Rabu, Juni 25, 2008

Oleh-oleh dari Kampung

Oleh: Christine

Foto: Christine, 2008

Kangen rumah nih, sama udaranya yang segar, suara air sungai, Gunung Merapi yang kelihatan dari belakang rumah, dantuplak-tuplak’ suara sepatu kuda saat menarik dokar yang membawa penumpang ke pasar.



Rabu, 18 Juni 2008 aku mudik ke kampung halamanku di sebuah kota kecil di Kabupaten Magelang.Berangkat dari Semarang jam 12 siang, naik bis Joglosemar. Nyampe di tujuan jam 3-an sore, jalanannya agak macet.

Hari pertama disana, aku menemukan sebuah TPS yang dulunya bau dan kotor sekarang jadi bersih dan rapi karena TPS tersebut melakukan pemilahan sampah dan mengolah sampah organik menjadi kompos. Wah, andai saja TPS di Semarang (dekat rumahku) juga seperti itu….

Beberapa hari di kota kecil membuat aku jadi fresh dan sejenak melupakan gerahnya kota Semarang.




Selama liburan aku menyempatkan diri jalan-jalan di pematang sawah, tempat aku bermain waktu kecil. Bernostalgia sambil nunjukin ke anak kalo mamanya adalah “cah ndeso”, hehehe….

Disini padi gak ada musim tanamnya, mau tanam kapan saja oke karena selalu ada air mengalir di parit atau selokan.



Ke peternakan sapi perah di desa Turi, Sleman Yogyakarta. Pemerahan dilakukan pagi dan sore. Katanya, kalo sapinya lagi fit, sekali perah bisa menghasilkan 15 liter susu. Kalo sapinya habis melahirkan dapet 5 liter susu sudah bagus.



Metik belimbing di kebun. Pohonnya gak terlalu tinggi tapi buahnya lumayan lebat. Habis dipetik, dicuci terus di-jus. Sueger tenan...



Barisan suplir dalam guci kuno




Tanaman pegagan yang katanya dapat menurunkan tensi.



Hawa dingin membuat anakku tidur pulas, ngorok pula!






Ber-agrowisata di kebun stroberi yang terletak di kaki Gunung Merapi. Sayang, waktu itu stroberi yang matang cuma sedikit dan kecil-kecil. Gunung Merapinya juga pas gak kelihatan padahal pemandangannya kereeen banget!!!



Selama liburan sempat juga nih ngerajut sarung HP....



Sebelum pulang ke Semarang mampir dulu di kebun kopi Banaran, Bawen. Pemandangannya bagus banget! Disini aku baru tahu kalo kopi luwak yang banyak disukai orang itu asalnya dari biji kopi yang terdapat pada kotoran luwak..... huek!!


Tidak ada komentar: