Senin, Agustus 24, 2009

Tas dari Anyaman Kertas



Oleh: Christine
Foto: Christine, 2009, Tas dari Anyaman Kertas



Ini tas kertas pertamaku. Berhari-hari aku bergaul dengan koran-koran bekas hingga akhirnya jadi seperti ini.





Bahan utamanya adalah kertas koran/majalah/brosur yang dipotong dengan ukuran tertentu; punyaku panjang 16cm dan lebar 7cm. Ukuran bisa bervariasi tergantung seberapa besar tas yang diinginkan.

Kertas-kertas tadi dilipat dan saling dikaitkan satu dengan yang lain sehingga membentuk sebuah gelang besar. Besarnya gelang disesuaikan dengan ukuran tas. buatlah beberapa gelang.

Gelang-gelang yang sudah jadi kemudian disatukan dengan cara dijahit memakai benang jahit biasa yang didobel 2-4 helai benang. Setelah semuanya selesai, satukan sisi-sisi gelang teratas sehingga tertutup rapat. Ini akan menjadi dasar tas.

Kuatkan anyaman tas dengan lem kayu yang diencerkan kemudian dikuaskan ke seluruh permukaan tas. Setelah kering warnai dengan cat kayu/besi dan terakhir tutup dengan vernis atau cat yang transparan.

Tambahkan furing atau pelapis tas dari kain di bagian dalam dan pasangkan pegangan tas di bagian luarnya.


Taaraaa.... Kertas koran yang semula rapuh dan tidak berguna sekarang berubah menjadi tas yang kokoh dan kereeennn........

10 komentar:

kreasiku mengatakan...

bagus banget tasnya cara jahitnya gimana?kasih tau dong

christine mengatakan...

@kreasiku

cara jahitnya: sisipkan benang diantara sisi-sisi lipatan kertas.

odeth mengatakan...

wah...yg susah melipat anyaman gelangnya. pengen banget bikin tapi gambar & tutorial cara melipatnya kok aku gak paham sama sekali. hu hu hu... gimana sih cara nganyam gelangnya?

Unknown mengatakan...

hi..saya dari malaysia? Tas tangan anda sgt cantik..saya telah mencuba mebuat gelangnya, tapi cara sisip benang saya tidak jelas...Adakah mahu disisip dari dalam atau dari luar..Boleh kah tunjukkan cara sisip benang..terima kasih

Anonim mengatakan...

tasnya keren bgt, gmn caranya pesan?

bunda khadijah mengatakan...

Dear Mbak Christine,

Waah, bagus banget nih idenya..
Ini yang saya cari2 selama ini :-)

Mau coba aahh..

Salam kenal ya..

Salam,
Meutia

lia efiiyani mengatakan...

bagus sekali mb anyamannya.saya akan coba bikin ahh....makasih ya infonya :)

HM Zwan mengatakan...

pengennnnnnnnnnnnnn..wah,makasih tutorialnya mbak,coaba ah. :)

Ina mengatakan...

saya sudah pernah coba mba, tapi bahannya dari bekas bungkus kopi, cuma baru dalam tahap menganyam, karena untuk menjahitnya bingung, kayaknya harus ada mentornya ;-)

thofa mengatakan...

dear mbak

kreatif banget, mau nyoba nih,

maksih..