Kamis, Februari 28, 2008

Cabe Berbuah Lebat Berkat MOL Tapai

Oleh: Christine
Foto: Christine, 2008, Cabe Berbuah Lebat

MOL tapai dapat dijadikan sebagai pupuk cair. Saya sudah mencobakannya pada tanaman cabe dan mawar. Hasilnya sangat bagus!!! Cabe jadi berbuah lebat dan mawar berbunga lebih banyak. Bahkan yang tidak pernah berbungapun sekarang sudah muncul dua kuncup sekaligus.

30 Januari 2008 saya mulai membuat MOL dari tapai ketan dan tapai singkong. Saya membeli tapai dari pedagang yang biasa lewat di depan rumah seharga Rp. 1.500,-. Tapai singkong Rp. 500,- dan tapai ketan Rp. 1.000,-

Kedua macam tapai tersebut saya masukkan secara terpisah ke dalam 2 buah kotak bekas kemasan susu cair Ultra ukuran 1 liter. Kemudiam ke dalamnya saya tambahkan masing-masing 5 sendok makan gula pasir lalu diisi air hingga hampir penuh. Selanjutnya kedua kotak tersebut didiamkan selama 5 hari tanpa tutup.

Tanggal 4 Februari 2008 MOL tapai sudah berbau alkohol. Saya langsung ternakkan lagi MOL ini menjadi 3 kotak susu dan 1 botol bekas sirup. Didiamkan lagi tanpa tutup selama 5 hari. Setelah siap dipanen, saya pergunakan MOL ini sebagai starter kompos dan pupuk cair.

Menurut Bapak Sobirin, sang penemu MOL tapai dan guru kompos saya dari Bandung, jika digunakan sebagai pupuk cair MOL tapai harus diencerkan dulu 1:15 (1 bagian MOL dan 15 bagian air). Saya ambil botol bekas air mineral yang 600ml, saya isi MOL tapai kira-kira 1,5cm tingginya. Lalu ditambah air hingga botol penuh dan ditutup dengan tutup botol yang sudah dilubangi tengahnya.

Pupuk cair MOL tapai ini saya siramkan ke tanaman dengan cara menuangkannya melalui lubang yang ada pada tutup botol (prinsipnya seperti menuangkan kecap dari botol kecap yang plastik). Dengan cara seperti ini pupuk cair MOL tapai lebih mudah dituangkan disekitar tanaman dan tidak mengenai batang tanaman.

Tanaman saya siram tiap 3-4 hari sekali, agar lebih mudah mengingatnya, saya pakai MOL setiap hari Senin dan Kamis. Dari pertama kali digunakan sebagai pupuk cair (10 Februari 2008) hingga hari ini, sudah terlihat hasilnya. Tanaman menjadi lebih subur dan warna daun lebih segar.

Pada tanaman cabe, pupuk cair MOL tapai ini dapat menguatkan bunga sehingga buah jadi lebih banyak (sebelum dipupuk pakai MOL tapai, bunga cabe saya gampang rontok sehingga buahnya sedikit). Sekarang tanaman cabe saya berbuah lebat.

Sebelum dipupuk MOL tapai, pohon mawar saya malas berbunga, paling 1-2 kuncup per pohon. Sekarang bisa tumbuh 4 kuncup sekaligus, bahkan yang tidak pernah berbungapun sekarang muncul dua kuncup bunga.


MOL tapai terbukti bagus sebagai pupuk cair.

5 komentar:

Anonim mengatakan...

Christine idemu bagus sekali , teruskan semoga ilmu yang bermanfaat ini akan kembali lebih banyak ke dirimu

PETANI mengatakan...

Aku sedang cari cara agar cabeku berbuah lebat. eh, disini aku temukan caranya. Terimakasih banyak ya infonya.
Aku memamg lagi cari cara mengurangi penggunaan pupuk kimia.

CARGO MURAH DOMESTIK & INTERNATIONAL mengatakan...

Lha tidak ada keterangan bahwa tape ketan dan tape singkong yg sudah jadi (siap pakai) apakah dicampur atau digunakan secara terpisah???

Unknown mengatakan...

Saya dari pekanbaru.kami penjual tape ketan.dan sisa jualan sering di buang percuma.karena ilmu ini akan saya praktekkan .karena kebetulan saya menanam cabe dan juga mawar.terimakarih

Andi Tri Setyanta mengatakan...

Terima kasih ilmunya