Minggu, Januari 18, 2009

Panen Kangkung Hidroponik



Oleh: Christine
Foto: Christine, 2009, Seikat Kangkung Hidroponik

Asik..., tanaman hidroponikku sudah menghasilkan. Agak telat nih panennya jadi kangkungnya agak ketuaan sedikit.






Kangkung ini aku tanam sekitar awal Desember 2008. Seharusnya sudah dipanen awal Januari 2009 lalu tapi karena lupa jadi telat deh manennya.

Sebenernya cara penanamannya tidak murni hidroponik yang pake cairan nutrisi tok. Aku masih pake media tanam kompos baru kemudian direndam dalam cairan nutrisi. Mungkin bisa disebut semi hidroponik. Cairan nutrisinya pake MOL encer sekali 1:15-20.

Wadahnya masih pake gelas aqua dan gelas palstik lain yang ukurannya lebih besar. Ada satu yang pake pot anggrek dari tanah liat kemudian dicelupkan di baskom. Kali ini aku juga menambahkan 'sumbu' pada bagian bawah gelas. Sumbu ini berfungsi untuk meresapkan cairan nutrisi ke atas sehingga media tanam tidak terlalu basah. Tapi sumbu ini tidak bertahan lama, dalam dua minggu sumbu yang terbuat dari kain handuk bekas sudah hancur 'dimakan' MOL.

Biji kangkung disebarkan diatas media tanam dengan sedikit dibenamkan. Satu gelas aqua berisi 3 benih saja. Saat pembibitan cairannya pake air biasa, setelah seminggu baru diganti pake MOL encer. Biji kangkung tumbuh normal seperti kalau ditanam di tanah, hanya saja ukurannya lebih kecil. Coba bandingkan dengan kangkung yang ditanam di pralon dulu, daunnya lebih lebar-lebar ya...?!

Karena terlihat masih kecil maka aku pikir belum waktunya dipanen, padahal kalo dari segi umurnya sudah siap panen. Jadinya saat dipanen, kangkung ini sudah ketuaan. Tapi walaupun ketuaan, rasa kangkungnya tetap enak kok. Aku masak tumis kangkung, hasilnya ada di sini nih...

1 komentar:

Anonim mengatakan...

kalau boleh tau cara penanaman detailnya seperti apa ya??
aku butuh banget soalnya..
makasih..