Rabu, Januari 07, 2009

Panen Bayam


Oleh: Christine
Foto: Christine, 2009, Panenan Bayam

Pagi ini aku panen seikat bayam dari pot emberku. Setelah beberapa kali gagal menanam bayam, akhirnya bisa panen juga. Bayam ini organik karena tidak memakai pupuk kimia.






Tanaman bayam aku tanam dalam pot ember bekas menanam padi. Medianya kompos dicampur tanah (2:1) dan pupuknya MOL encer (1:15). Karena sering hujan pemberian pupuk MOL encer hanya seminggu sekali.

Benih bayam aku tebar bebas diatas tanah yang sudah diaduk-aduk atau digemburkan. Dalam 4 hari tunas bayam sudah muncul, kecil-kecil sekali sehingga menyiramnya juga harus hati-hati agar tunas-tunas bayam tidak roboh.

Pupuk MOL encer diberikan saat bayam sudah dapat berdiri dengan kokoh (akarnya sudah banyak). Menyiramnya pakai botol aqua yang dilubangi tutupnya. Disemprotkan pada tanah di tepi pot agar tidak mengenai tanaman muda dan benih-benih yang belum tumbuh.

Mungkin karena terlalu banyak benih yang ditebar, pertumbuhan bayam jadi tidak merata. Meskipun sama-sama berumur 2 minggu, bayam yang tumbuh ada yang besar, ada yang kecil, ada juga yang baru pecah dari bijinya.

Bayam yang aku panen adalah yang sudah tumbuh tinggi. Cara memanennya adalah dengan mencabut hingga ke akarnya. Kemudian bayam dipotong sebatas akar, dicuci bersih, dan siap diolah.

Karena masih muda seluruh tanaman, kecuali akar tentunya, bisa dimasak. Aku buat tumis bayam untuk menu sarapan. Rasanya enak, renyah tapi tidak alot, beda dengan bayam yang beli dipasar.

9 komentar:

Anonim mengatakan...

hi..lam knal..wah seru ya bs naman sndr..tp bibitnya cari dimana?trus nga usa pk media tanah y?
thx

Anonim mengatakan...

Hi, salam kenal juga. Bibitnya bisa beli di toko pertanian atau di pasar tradisional juga ada. Medianya kompos dicampur tanah hitam.

Anonim mengatakan...

salam kenal mbak christine.. makasih banget atas sharing-an mbak.. aku baru mulai nanam bayam dlm pot juga, tepatnya baru hari minggu pagi kemarin nanam bibit, tau2nya sore ini udah ada tunasnya loh! rimbun kecil2 setinggi 1 cm.. seneng banget rasanya :D

berkat tulisan mbak, aku juga mau coba bikin mol nih mbak biar makin subur lagi, thx yach.. Btw aku beli bibit bayam hijau di toko Trubus kelapa gading, jakarta, merk sang hyang seri Rp. 10.500. 1 saset banyak banget isinya.. aku baru pake 1/2nya..

Anonim mengatakan...

Salam kenal juga vicky...
Bayam memang cepat tumbuhnya, dlm 3-4 hari sdh muncul tunas. Iya, ayo mulai bikin MOL selain untuk pupuk cair juga bisa utk starter kompos; pasti nanti tambah subur tanamannya.
Benih bayam separoh sachet sudah lebih dari cukup untuk ditanam di pot...

Anonim mengatakan...

hallo mba christine salam kenal, aku mau tanya kira-kira bagaimana ya kalau mau coba bikin MOL sendiri?

Anonim mengatakan...

salam kenal juga melanie...

cara membuat MOL sdh pernah dibahas di blog ini bln feb'08 judulnya "cara membuat MOL tapai".

Selamat mencoba

fendry mengatakan...

mbak christine,aku dah tanam 10hari udah tinggi sekitar 7cm tp skrg kok batangnya tetap kurus dan doyong jatuh.apa yang salah ya.umur 6 hari tanahnya aku kasi dikit plant catalis aku siram 2 x pagi dan sore.tolong solusinya .thx

arjip mengatakan...

saya di rumah juga menanam strawberry dan bayam di pot, karena lahannya sempit.
Alhamdulillah semua bisa tumbuh baik, bahkan tanaman strawberry saya sudah beberapa kali berbuah.
silakan mampir ke blog saya yaitu:
http://arjip.wordpress.com
untuk melihat posting saya tentang strawberry...

Anonim mengatakan...

Salam kenal christine,
Saya rosi,banda aceh. Thank's atas sharingnya, dah bbrp hr ini rajin liat blog ini. sekalipun dah lama berusaha go green, tp krn blog ini sy tergerak u menanam sayur organik lbh dr biasa (yg dah tertanam, cabe, katuk,pisang,pepaya,singkong). Sy jg buat mol dr 2 alpukat,3 pisang,semua busuk :) & juice tomat kemaren,plus 5 sdm gula pasir. air dr juice tomat td,tidak sy tambah krn udah terendam, hasilnya 1/2 lbh botol aqua besar, tutup terbuka. Gimana menurut christine, apa bisa jadi MOL?
Sy juga lg semai benih bayam, kangkung, caisim, timun.rencana kalau dah agak besar saya pindah ke pralon atau gelas2 akua, gimana apa bisa gitu?
Oh ya, saya juga buat kompos pake polybag besar, n cuma di kasih stater (kompos 1/2 jadi) gmn menurut christine?
Thank u so much.