Selasa, Oktober 28, 2008

Hidroponik Yang Lain


Oleh: Christine
Foto: Christine, 2008, Sirih Hidroponik


Selain mencoba melakukan pembibitan hidroponik, aku juga mencoba menanam tanaman yang sudah berakar secara hidroponik. Kali ini hasilnya cukup memuaskan, tanaman masih tampak segar dan muncul daun baru.




Tanaman pertama adalah sirih. Aku memperbanyak sirih dengan gelas aqua dan medianya sekam bakar. Rasanya media sekam bakar lebih cepat menumbuhkan akar baru dibandingkan jika menggunakan media tanah (ini menurutku lho...). Daun sirih tumbuh lebar, muncul daun baru dan tunas baru.



Tanaman kedua adalah stroberi. Anakan stroberi juga aku tanam dalam gelas aqua dengan media sekam bakar (beberapa kali aku menanam anakan stroberi pake tanah dicampur kompos jadinya busuk terus). Anakan stroberi ini bisa tumbuh baik, bahkan tumbuh daun baru yang ukurannya lebih besar dari daun lama. Akarnya juga bertambah panjang hingga keluar dari gelas aqua.








Tanaman ketiga adalah daun dewa
. Ini tanaman obat yang aku bawa dari Muntilan tanggal 19 Oktober 2008 lalu. Tanaman ini baru aku tanam esok harinya (karena lupa) dan dalam keadaan layu-yu-yu-yu... Sekarang, walaupun belum tegak benar, tapi kelihatan sudah lumayan segar dan tidak ada daun yang rontok.





Tanaman keempat adalah sawi caisim. Sebenernya ini adalah caisim yang aku tanam dalam ember bekas padi. Setelah dipanen ternyata ada beberapa tanaman yang tumbuh kerdil karena kalah bersaing dengan yang lainnya. Daripada dibuang aku coba tanam dalam botol plastik bekas benih sawi sendok. Karena baru beberapa hari sawi caisim belum kelihatan perkambangannya. Semoga saja bisa tumbuh subur seperti yang lainnya.





Surprise!
Ternyata benih cabe rawitku ada yang tumbuh satu biji. Numpang di potnya daun dewa. Asik.... moga-moga aja bisa tumbuh terus.....





Dengan terus bertumbuhnya tanaman, cairan nutrisi atau MOL encer akan berkurang setiap harinya; jadi harus selalu dipantau. Jika akar yang terendam tinggal sedikit maka perlu ditambah MOL encer yang baru, kira-kira makan waktu sekitar 5 hari sampai seminggu. Waaah.. kayaknya hidroponik bisa jadi alternatif bagi yang males nyiram tanaman nih... he.he.he...

3 komentar:

hotma mengatakan...

Mba nutrisinya menggunakan apa??

wah kalo taneman jenis euphorbia atau gelombangcinta bs di hidroponik enak ya ga perlu nyiramin huekekeke...

Anonim mengatakan...

Hi Hotma..

Nutrisinya pake MOL encer... Kayaknya hidroponik memang cocok buat yang meles nyiram tanaman setiap hari he.he.he...

Unknown mengatakan...

thans for sharing Walatra Gamat Emas Kapsul