Rabu, September 10, 2008

Tas dari Sampah Plastik


Oleh: Christine
Foto: Christine, 2008, Tas dari Plastik Deterjen Bubuk

Kalo kemaren-kemaren sampah plastik dicombine sama rajutan, kali ini aku coba jahit pake mesin jahit. Fuiih! ternyata susah juga jahit plastik, apalagi kalo pake acara benang kusut segala....



Awal puasa kemaren anakku libur 2 hari; hari Senin dan Selasa. Tapi karena sekolahnya cuma sampai hari Jumat, maka total liburnya jadi 4 hari. Kesempatan liburan ini aku pake buat ngerawat kompos yang selama ini agak kurang perhatian dan merapikan simpanan sampah plastik.

Sampah plastik yang kira-kira bisa dirajut aku gunting-gunting menjadi 'benang plastik' dan digulung sesuai warnanya untuk memudahkan saat merajut nanti.

Memilah sampah plastik antara yang masih bisa 'disulap' menjadi barang yang lebih berguna dengan yang tidak. Yang masih bisa 'disulap' disimpan dalam satu kantong plastik sedangkan yang tidak terpakai disumbangkan ke pemulung yang lewat.

Saat memilah-milah plastik, aku tertarik dengan plastik kemasan deterjen bubuk karena ukurannya pas untuk dijadikan tas. kebetulan persediaannya juga lumayan, cukup-lah untuk buat beberapa buah tas.

Pada tas pertama (gb kiri) plastik deterjen aku ambil gambar depannya saja, dibutuhkan 2 lembar. Cara membuatnya, lipat kedalam bagian atas masing-masing plastik selebar 3-5cm. Pasang pegangan pada plastik bagian depan dan bagian belakang. Satukan plastik, jahit sisi kanan, kiri dan bawah sambil ditutup dengan band/tali plastik. Selesai.

Pada tas kedua (gb kanan) plastik deterjen dibagi menjadi 8 bagian, dibutuhkan 2 buah kemasan plastik deterjen. Potongan-potongan tadi kemudian dilipat menjadi 2 bagian dan disambung-sambung lagi sehingga menjadi lembaran yang tebal (plastiknya didobel). Proses selanjutnya sama seperti diatas (tas pertama). Sayang, tas kedua ini baru setengah jadi. Mendadak mesinnya ngambek, benangnya jadi kusut. Aku sudah coba putar sana, putar sini hasilnya sama saja, kusut!! Wah, terpaksa harus panggil tukang service nih....

Hasil tas jahitanku tidak rapi, jahitannya potong bebek angsa (serong kanan.... serong kiri....). Susaaah bener jahit plastik...

1 komentar:

Anonim mengatakan...

hi mbak Christine, aku fifi. salam kenal sbelumnya.. tanya, klo bikin tas kyk gini, bagian dalam tasnya apa tetap sama dg bagian dalam bungkus deterjennya atau dilapis furing atau yg lainnya? makasih banyak..