Rabu, Juli 23, 2008

Sekolah


Oleh: Christine

Foto: Christine, 2008, Welcome to KB-2 Karangturi

Mulai 15 Juli 2008 lalu aku punya kegiatan baru, yaitu mengantar anak ke sekolah. Tahun ajaran 2008-2009 ini anakku masuk Play Group. Hari pertama dan kedua heboh dengan tangisan saat bangun pagi dan pake seragam. Anakku gak mau pake seragam, katanya, sekolahnya pake baju tidur aja….

Semula aku tidak ingin memasukkan anakku ke sekolah formal, aku pengen ber-Homeschooling (HS) saja.dan nanti masuk sekolahnya kalau sudah SD. Pertimbanganku adalah biaya sekolah saat ini mahal dan aku belum menemukan sekolah yang “sreg” di hati. Lagipula, pelajaran untuk PG dan TK kan gampang, masih bisa diajarin sendiri, apalagi materi pelajarannya bisa didownload gratis dari internet. Tapi, ternyata….. setelah menjalankan HS beberapa lama…. Tidak semudah yang aku bayangkan, ber-HS tidak hanya butuh materi belajar tapi yang penting adalah adanya komitmen bersama diantara kedua orang tua untuk menjalankan HS, konsistensi dalam menjalankannya, disiplin yang tinggi dan super duper suaabaarr..... Dan aku belum bisa memenuhi semuanya 100%. Jadi, daripada hasilnya gak bener aku dan suami sepakat untuk memasukkan Cello ke sekolah formal. Dari beberapa sekolah pilihan, kami akhirnya memilih Sekolah Nasional Karangturi yang juga merupakan almamater suamiku.

Minggu-minggu ini masih banyak penyesuaian yang dilakukan, baik di rumah maupun di sekolah. Di ruma
h penyesuaian terutama pada jam tidur. Selama ini anakku terbiasa tidur malam diatas jam 10 dan bangunnya jam 8-an padahal sekolah dimulai jam 7 pagi dan jarak antara rumah dan sekolah lumayan jauh; kira-kira 20-30 menit perjalanan tergantung tingkat kemacetan juga. Di sekolah, tiga hari pertama orang tua masih boleh ikut belajar di kelas, hari kedua dan ketiga menjelang pulang orang tua diminta menunggu diluar di tempat penjemputan karena anak akan diajarkan berbaris untuk pulang. Hari keempat orang tua sudah tidak boleh ikut masuk kelas lagi.

Hari-hari awal ini nih yang heboh dengan tangisan saat bangun pagi dan pake seragam. Anakku gak mau pake seragam, katanya, sekolahnya pake baju tidur aja…. Udah gitu, mandi + gosok gigi juga gak mau… Ya udah, asal cuci muka aja terus dipakein baju seragam – dengan agak dipaksa – terus pake sepatu, dasi dll di mobil sama ngeliatin anak lain yang juga ke sekolah pake seragam lengkap. Akhirnya sukses juga, hari ketiga sudah tidak ada pemberontakan lagi.

Di dalam kelas anakku gak nangis, tapi minta ditungguin di dalam kelas. Saat anakku asik mainan aku keluar diam-diam dan ngintip dari jendela.tapi anakku terus nyari-nyari juga Kalo mamanya udah ketemu dia akan lari menghapiri hanya untuk bilang “Mah…”, dipeluk sebentar dan kembali bermain lagi. Tapi kalo mamanya gak ketemu, dia akan nangis!.

Karena hari ke-4 sudah tidak boleh ditungguin, aku sudah kasih tahu anakku sehari sebelumnya. Ngasih tahu anakku gak cukup satu-dua kata saja, mesti ada dialog panjang…

Mamah: Besok mamah sudah ndak boleh nunggu cello di kelas, mamah tunggunya di luar, di tempat jemput jadi Cello ndak usah nangis karena kalo sekolahnya sudah selesai bisa ketemu mamah lagi.

Cello: Kenapa mamah ndak boleh tungguin di dalam?

Mamah: Karena yang sekolah Cello, kursi di kelas juga kecil-kecil, mamah ndak bisa duduk

Cello: Nanti kalo mamah tetep duduk kursinya bisa patah ya… terus kalo jatuh sakit, nanti mamah nangis oek-oek seperti adek bayi…

Mamah: iya… kalo nangis kan seperti adek bayi, jadi besok Cello ndak usah nangis ya…

Cello: iya (sambil angguk-angguk). Kalo nangis nanti “bad” (sambil mengacungkan jempol secara terbalik). Kalo ndak nangis nanti “good” ( sambil mengacungkan jempol kanan-kirinya).

Rupanya dialog diatas mengena, Cello gak nangis di kelas, bahkan hari berikutnya dia sudah bisa cerita…..

Cello: Mah, tadi di sekolah ada yang “bad” tapi temennya Cello.

Mamah: Kanapa bad?

Cello: Karena nangis

Mamah: Terus bagaimana?

Cello: Terus didiemin sama bu guru

Mamah: Didiemin bagaimana? (waduh, sadis amat gurunya, ada anak nangis kok malah dicuekin)

Cello: jangan nangis…., gitu. Terus temennya diem.

Mamah: Oooh…kirain dicuekin….


Anakku sudah mulai enjoy dengan sekolahnya dia sudah bisa cerita bahwa di sekolah masih ada temen yang nangis terus didiemin sama Cello….. Dia juga bilang: “Mah, Cello di sekolah good, ndak nangis tapi kalo masuk bad karena minta gendong sama papah…” Anakku selalu minta gendong papanya kalo mau masuk sekolah, sejak turun dari mobil sampai di depan kelas, kalo tidak dituruti dia ngambek, nangis dan tas bekalnya dibuang…

Aahh…. PR nih bujukin Cello agar tidak digendong dan mau bawa tasnya sendiri…….

Tidak ada komentar: