Jumat, Februari 19, 2010

mBatik...


Oleh: Christine
Foto: Christine, 2009, Lukisan Batik SMA Stece


Aku belajar membatik saat duduk di bangku SMA Stella Duce Yogyakarta; membatik merupakan salah satu mata pelajaran pilihan bagi murid-murid sekolah khusus cewek ini, disamping merajut dan mengetik. Aku tidak ingat kenapa saat itu aku memilih membatik.... dan sekarang aku merasa bersyukur atas pilihanku itu.





Pada liburan bulan Desember 2009 lalu, keponakanku ingin diajari membatik. Proses-proses awal pembatikan aku masih ingat tetapi untuk pencelupan warnanya aku lupa. Maklum sudah dua puluh tahun lebih dan dulu tahunya larutan pewarna sudah tersedia tinggal celap-celup saja.


Akhirnya kami pergi ke Pasar Beringharjo Yogyakarta mencari peralatan untuk membatik dan bertanya kepada sang penjual cara mencelup warnanya. Siiip! pikirku, gampang, pasti bisa. Sampai di rumah, kami ber-4 sibuk membuat design batik diatas selembar kain mori (1 meter kain mori dibagi 4). Bagianku aku serahkan kepada anakku untuk dicorat-coret sesukanya.




Setelah design jadi, mulailah kami membatik dengan canthing dan malam. Awalnya agak kaku juga, ribet, belepotan sana-sini, dan pake kena lilin panas segala tapi lama-lama lancarrr..... Setelah selesai menutup gambar dengan malam/lilin batik tiba waktunya kain dicelup ke pewarna. Dengan yakin aku campur saja ramuan pewarnanya (satu set pewarna terdiri dari 4 macam obat); trus kain dicelupkan ke dalamnya. Beberapa saat kemudian, warna kain yang seharusnya menjadi biru tua malah berwarna ungu muda. Aku pikir kurang lama nyelupnya... direndam lagi... dan... tetap saja warnanya tidak berubah... Ooops! apanya yang salah nih.... :-l






Tidak puas dengan hasil batikan pertama, besoknya kami pergi ke Ngasem - pusat batik di Yogya. Nah... disini baru tahu kalo ramuan pencelup tadi tidak bisa dicampur semua. Ada satu bahan yang harus dipisahkan agar bisa timbul warna. Hufff...! akhirnya berhasil juga...






Seneng banget rasanya bisa mbatik lagi... lebih seneng lagi melihat keponakan-keponakanku semangat banget belajar batiknya... Anakku juga ikut-ikutan semangat seperti kakak-kakaknya: semangat dalam corat-coret diatas kain (menggambar di atas kain ini merupakan pengalaman pertama bagi anakku).

Hhhmmm... membatik itu asiiikkkk.... :-P


6 komentar:

Justine mengatakan...

Chris, seneng banget bisa mbatik. Cello piye kabare?

income for internet mengatakan...

ingin dapat tambahan lain di Indonesia ....blog ini tempatnya

Christine Natalina Panjaitan Tobing mengatakan...

Hj. AIRIN RACHMI DIANY, LONTE TANGERANG SELATAN, ADIK IPAR RATU ATUT CHOSIYAH WAWAN SOCHIB

Hj. AIRIN RACHMI DIANY, LONTE TANGERANG SELATAN, ADIK IPAR RATU ATUT CHOSIYAH WAWAN SOCHIBBlog ini khusus dewasa, jika anda berumur di bawah 17 tahun segera tutup blog ini.

Cerita ini merupakan fiktif belaka hasil khayalan pikiran yang mengkonsumsi Airin Rachmi Diany adik ipar Ratu Atut Chosiyah sebagai obyek seks, di mana keseksian tubuh Airin Rachmi Diany yang sungguh sangat menggoda, apalagi sekarang memakai jilbab semakin tampak menggairahkan untuk selalu digenjot dan disodoki vaginanya serta diremas-remas buah dadanya.

Terutama setelah suaminya Wawan/Tb Chaeiri Wardana Sochib mengawini Perempuan Cina di Kapuk.

Christine Natalina Panjaitan Tobing mengatakan...

Hj. AIRIN RACHMI DIANY, LONTE TANGERANG SELATAN, ADIK IPAR RATU ATUT CHOSIYAH WAWAN SOCHIB

Hj. AIRIN RACHMI DIANY, LONTE TANGERANG SELATAN, ADIK IPAR RATU ATUT CHOSIYAH WAWAN SOCHIBBlog ini khusus dewasa, jika anda berumur di bawah 17 tahun segera tutup blog ini.

Cerita ini merupakan fiktif belaka hasil khayalan pikiran yang mengkonsumsi Airin Rachmi Diany adik ipar Ratu Atut Chosiyah sebagai obyek seks, di mana keseksian tubuh Airin Rachmi Diany yang sungguh sangat menggoda, apalagi sekarang memakai jilbab semakin tampak menggairahkan untuk selalu digenjot dan disodoki vaginanya serta diremas-remas buah dadanya.

Terutama setelah suaminya Wawan/Tb Chaeiri Wardana Sochib mengawini Perempuan Cina di Kapuk.

demibara mengatakan...

Kok nggak ujicoba padi hidroponik lagi?

Indra Jaya Kurniawan mengatakan...

hai kak infonya keren dan menarik.. ooo iya kak kalau ingin tahu tentang cara membuat website yukk disini saja.. terimakasih