Sabtu, Maret 28, 2009

Panen Sawi Caisim





Oleh: Christine

Foto: Christine, 2009, Sawi Caisim Segar

Pas weekend pas panen sawi caisim... asik sawinya segar sekali, daunnya juga lebar-lebar.











Aku menebar benih sawi di pot ember yang sebelumnya ditanami bayam. Sebelum benih ditebar, media tanam diaduk-aduk dan ditambahkan kompos baru. Setelah itu didiamkan barang seminggu agar tanah sempat beristirahat. Selama diistirahatkan tanah tetap disiram dan dipupuk dengan MOL encer seperti biasa.

Pada tanah yang sudah siap ditanami kemudian disebarkan benih sawi; kira-kira sejumput banyaknya. Benih-benih sawi yang sudah disebar ditutup dengan selapis tipis kompos agar tidak hanyut saat disiram.

Dalam beberapa hari sudah muncul tunas-tunas sawi. Daun pertama yang muncul bentuknya bulat terbelah di tengah seperti bentuk hati, beberapa hari kemudian muncul daun berbentuk lonjong dan agak bergerigi; inilah daun sawi sesungguhnya.

Pertumbuhan sawiku sempat terganggu karena curah hujan yang tinggi. Tanaman muda banyak yang ambruk, rusak, bahkan busuk. Setelah hujan berkurang muncul masalah baru; serbuan dari belalang hijau kecil membuat tanaman sawiku tinggal batangnya saja.

Akhirnya dari sekian banyak benih yang ditebar, yang berhasil dipanen kira-kira separohnya. Lumayan, dapat satu porsi. Cara memanennya degan mencabut hingga ke akarnya. Sawi yang dipanen segar sekali, apalagi dipanen waktu pagi hari ketika masih ada tetes embun yang menempel di daunnya yang lebar-lebar. Hanya ada beberapa helai daun yang berlubang karena dimakan belalang.

Hmm... sudah terbayang menu hari ini: ca sawi "petikemas" (= dipetik kemudian dimasak).

4 komentar:

Anonim mengatakan...

mas cara mendapat kan bibit sawi di maa tau ada car untuk budi daya bibit sawi dan bibit yang lainnya

christine to Anonim mengatakan...

bibit sawi sy beli di toko pertanian. di pasar tradisional biasanya juga ada

Unknown mengatakan...

Asyik banget......terus terang saya betah membaca semua postingnya....jadi pingin nyoba di rumah nih.....salut...salut....

Anonim mengatakan...

bisa tolong jelasin step2 nanam sawi di pot'ny ngga? saya udah coba tp hasil panennya jelek dan kecil2, cuman sekitar 10cm setelah 35 hari.haha
itu panen stelah berapa hari?
terima kasih banyak.
email saya juga boleh: ruthz_galz@hotmail.com